Senin, 21 Maret 2016

"Namamu kok susah banget sih!?"

Selama sekian lama aku hidup dengan nama (asli) yang melekat pemberian orang tuaku ini, selalu saja ada yang bilang, "Namamu kok susah banget sih!?". Katanya namaku susah banget di-spell. Padahal perasaan buatku biasa aja deh.

Namaku 5 huruf, dan 3 huruf di awal mirip kata "Air" yang dicadelin. Kalau sudah bisa spell kata "Air" yang dicadelin, tinggal tambahin "Sa" aja belakangnya. Ail-sa deh. (Oops?? Did I just tell ya my real name?? Ahahah.. Enggak apa-apa.  Walau ingin jadi manusia yang sok misterius di blog ini, pada postingan kali ini aku akan kasih tahu kepada anda-anda sekalian namaku.. Toh lama-lama juga post ini kekubur seiring waktu.. HWAHAHAHAH)

Namaku asliku adalah Ailsa Dahayu Carissa. Nama pertamaku kata orang itu aneh, ya. Enggak tau kenapa dibilangnya aneh. Padahal namaku tuh keren (menurutku). Aku enggak nyebut aneh, aku nyebutnya "Anti-mainstream" kayak orangnya (aku aneh juga sih).

Gara-gara namaku ini susah, jadilah aku punya BANYAAAAAAAAAAK sekali nama panggilan yang lahir dari hasil tidak bisa menyebut namaku dengan baik atau saking susahnya malah bikin panggilan lain. Jadi aku bisa bilang kayak gini;

"Halo, namaku Ailsa alias ALIAS, Ails, Ailva, Aliva, Alisa, Alis, Lisa, Alsa, Ilsa, Aica, Elsa, Eca, Ica, Ailisa, Ailis (Aplikasi), Ailasa, Aslia, Alesa, Annisa, Aisyah, Assa, Dahayu, Mbak Dayu, Kari, Rissa, Icass, Homeschool, Princess, Farel, Botak, dek, kak, bang, tante, om, kakek, nenek, uyut, gajah bengkak, sumo tinggi, gendut, dan bla-bla-bla.. Terserah kalian deh!"
Sebenernya sih masih enggak apa-apa ya kalau begitu. Yang parah tuh kalau namaku dikira sebuah typo. Jadi kemaren aku menjadi salah satu finalis Lomba Menulis Surat Pos Indonesia dan namaku tertulis jadi "Alisa Dahayu C". Sampe nametagnya aja ketulis begitu. Hiks-hiks..



Buat beberapa orang yang memang kesusahan banget buat nyebut namaku, aku biarkan dia panggil aku dengan kata yang bisa dia sebut asal masih deket aja sama "Ailsa". Tapi aku enggak akan pernah membiarkan temen-temenku yang tidak punya kesusahan sama sekali buat manggil aku selain dari "Ailsa".

Nama awalku anti-mainstream, nama tengahku gampang dibaca tapi aku enggak pernah menemukan orang dengan nama ini dengan tidak disengaja, dan nama terakhirku mainstream banget. Ada banyak orang dengan nama yang sama dengan nama belakangku ini, "Carissa".

Sebenernya, arti dari "Ailsa Dahayu Carissa" itu adalah "Gadis periang, cantik dan anggun".
Gadis periang.. Nah! Banyak yang bilang aku ini ceria terus. Nama adalah doa dan aku benar-benar tumbuh menjadi seseorang dengan watak happy (Walau gitu gampang ngambek juga, sih). Jadi maklum aja ya kalo ketemu aku terus enggak berhenti liat aku senyum, ketawa, atau jingkrak-jingkrak kegirangan (yang sebenarnya agak kayak orang gila). Bawaan nama...
Cantik.. Hmm.. Setelah mendapat bullyan tentang wajahku ini, aku jadi agak-agak tidak mengakui arti nama itu, ya.. Tapi, ada juga sih yang bilang cantik. Hmmh.. terserah. Buatan Tuhan ini, ngapain dipermasalahkan.
Anggun.. Aku biasa aja ah. Enggak anggun. Dipake rok aja merengut. Dikasih aksesoris, dilepas semua. Tapi yang kutahu Mamaku tuh suka banget sama Anggun C. Sasmi. Jadilah, anak perempuannya ini dikasih nama yang artinya "Anggun".

Walau namaku susah, aku bersyukur banget aja jadinya dikasih nama ini. Soalnya Mamaku waktu SMA sewaktu pelajaraan biologi sudah mendambakan seorang anak cewek dan akan menamainya "Monilia Metta Aloisa". Sekilas keren gitu ya namanya. Tapi.. ITU ADALAH NAMA LATIN JAMUR MERAAAAH!! -_-
Untung enggak dikasih nama itu. Bisa-bisa aku dipanggil "Jamur" nanti.
Atau, aku dulu ingin dikasih nama "Bunga". Bunga Arisanti Hidayat. Mungkin, bagus sih.. Tapi kamu akan menyadari kata "Arisan" di nama tengah. Ya kali "Arisan" -_-

Kadang, karena namaku sering banget diubah-ubah, jadi aku suka greget dan ikutan ganti nama orang lain buat balas dendam. Biar fair.

Yah.. walaupun namaku susah, itu yang membuatku gampang diingat. Dan nama itu memanglah nama terbaik dari kandidat-kandidat nama yang disiapkan orang tuaku. Kalau aku marah karena namaku salah disebut, bukan karena apa-apa. Orang tuaku sudah susah-susah nyari nama untukku dan seseorang mengubahnya. Well, makanya yang bisa nyebut namaku dengan baik, jangan coba-coba manggil pake nama lain yah.. nanti aku berubah jadi power ranger.. eh.. Hulk! Eh, aku cewek yah.. Shehulk!!

..ijo dong..
Ah terserah. Sekian ya tentang namaku yang kata orang susah ini. Semoga lumayan menjawab pertanyaan anda tentang nama saya.. Dadah~

6 komentar:

  1. Halo Ailsa, salam kenal ya. Nama kita juga sama, Ailsa. Pengalaman nama salah disebutnya juga sama. Nama saya sendiri mengcopy nama istri Professor Bapak saya waktu di Australia. Di Scotland sendiri juga ada sebuah craig yang namanya Ailsa. Kapan-kapan kalau saya nekat nyetir dari Irlandia ke Scotland (pasti ngelewatin) saya ceritain tentang craig ini ya.

    Bagi saya memiliki nama Scottish itu menyenangkan. Setiap kalau ketemu orang Scotland (dan mereka terkenal ramah), ada aja yang bilang: Ah you are Scottish, terus dipelukin deh macam saya anggota keluarganya. Sweet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah.. Akhirnya bisa ngobrol sama orang yang namanya sama.. Sebenernya sih, sudah pernah ketemu dengan seseorang yang namanya "Ailsa". Waktu saya ke klinik, ada dokter gigi yang namanya Ailsa. Tapi saya waktu itu mau ke dokter umum karena demam. Sama satu orang lagi yang jadi finalis Olimpiade Sains Kuark (Saya cuma masuk semifinal aja waktu itu).
      Oh iya.. Saya pernah googling soal Ailsa Craig dan saya jadi pengen ke sana. Suatu hari nanti saya akan ke sana. Heheheh..

      Salam kenal juga.. Kak Sesama-Ailsa :D

      Hapus
  2. Aku juga dulu kira ailsa wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  3. Aku juga dulu kira ailsa wkwkwkwkwk

    BalasHapus