Senin, 04 April 2016

Bangga Jadi Jomblo! Eh, Single!

Hai-hai semuanya.. Apa kabarnya?? Maafkan daku yang tak mengepos selama 2 minggu ini. Huhuhu.. Kondisi mood nulisnya lagi ngedrop nih. Tapi sekarang udah mendingan jadi bisa ngepos lagi.. Yee.. Oh ya, kalau posan kali ini agak berbeda bentuknya, itu karena aku awalnya nulis di Ms. Word dulu. Udah lama enggak nulis, kangen sama partnerku yang itu.. Heheh..
          Beberapa hari ini, entah mengapa, semua teman private chatku membahas soal “Cinta”. Ada yang curhat soal curhatan temennya yang lagi berantem sama pacarnya (Iya, CURHAT soal CURHATAN ORANG LAIN. Keren, kan? Sudut pandang berbeda kalau kata Tere Liye.. Hweheheh), ada yang masih mematangkan lagi planningnya buat say hi ke gebetannya yang telah berjalan selama 1,5 tahun terakhir ini (Yoi. Cuma buat say hi ribet, ye. Mungkin kalo mau nikah butuh 15 tahun buat survey tempat resepsi aja. Terus nyari lokasi buat mining sendiri diamondnya, habis itu ringnya juga bikin pake tangan sendiri. Yah, gitu deh. Kebiasaan orang jenius), ada juga yang curhat karena diputusin pacarnya. Pokoknya chat sama mereka dengan topik ini bikin aku ngakak, sedih, prihatin, dan terharu. Tapi semuanya dilengkapi dengan perasaan lain yaitu geli. *geli-geli-geli* *guling-guling di lantai*.
          Di jaman sekarang, yang namanya pacaran itu sudah melekat banget sama kebanyakan anak remaja di Indonesia. Bahkan, anak seumuranku yang masih pake baju seragam putih-biru kebanyakkan udah pacaran. Yah, jangankan yang putih-biru, yang putih-merahpun udah pacaran. Yang putih-putih juga pacaran (Itu lho, yang ceweknya rambutnya panjang menutupi muka terus suka duduk di dahan pohon yang tinggi dan “Hihihi” di sana. Cowoknya yang suka loncat-loncat.. Ngerti gak sih? Enggak? Aku juga enggak.. *Digeplak viewers*).
          Pokoknya yang enggak pacaran itu selalu jadi bahan bullyan. Dipanggil “Jomblo”. Pokoknya panggilan jomblo ini terkenal banget. Dan jombloers suka jadi sasaran empuk 1Cakers untuk dibikin baper pake meme. Jadi, postingan-postingan baper ada di mana aja. Berseliweran.
          Di Bandung, bahkan ada taman khusus jomblo dan terkenal dengan nama Taman Jomblo. Pak Walikota, Kang Emil memang pro-jomblo. Nama aslinya sih bukan Taman Jomblo, tapi Taman Pasupati karena letaknya yang persis di bawah jalan layang Pasupati.
          Waktu ditanya kenapa tamannya ada di bawah jalan layang, Kang Emil jawab, “Ya kalo jomblo kehujanan tambah ngenes lagi atuh!”
..okay..
          Tamannya itu terlihat sedikit suram, ya. Di bawah jalan layang, terus tamannya dipenuhi oleh balok-balok yang dibuat untuk duduk. Katanya sih, buat sendiri karena memang buat mereka yang enggak  punya pasangan. Tapi, kenyataannya, bagian persegi dari balok yang diperuntukan duduk itu lumayan lebar dan bisa diduduki dua jomblo orang. Pas ditanyain kenapa lebar-lebar tempat duduknya, Kang Emil jawab, “Tenang.. Jomblo sabar pantatnya lebar”
..sip..
          Aku datang ke peresmiannya dan waktu itu ada 3 manekin pria yang cuma pake kolor. Pas ditanya ke Kang Emil itu apa, jawabannya, “Itu jomblo yang dikutuk Medusa”.
..krik..
          Tapi, sekarang 3 jomblo yang dikutuk Medusa itu udah enggak ada lagi. Mungkin udah pacaran sama manekin wanita yang lewat. Dan akhirnya hidup bahagia selamanya di toko baju.. Yee.. *krik-krik* *krik-krik*.
          Yang menyenangkan dari Taman Jomblo adalah enggak ada yang pacaran di sana (Yaiyalah). Siapapun yang pacaran di Taman Jomblo bakal didoain putus sama jomblo se-Bandung! HWAHAHAHAHAH!! *ketawa jahat*.
          Eh, pada tahu enggak arti “Jomblo” itu apa?? Jomblo diambil dari kata “Jomblowati” yang artinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah “Perawan tua”.
          Seharusnya, panggilan jomblo itu hanyalah untuk orang yang memang seharusnya sudah punya pasangan tapi belum punya. Dan usia itu mungkin di usia pascasarjanalah ya. Tapi sekarang, jomblo itu dipake buat manggil semua orang yang enggak punya pacar termasuk anak-anak SD. Padahal usia SD-SMA itu memang seharusnya enggak pacaran. Atau, jangan jomblolah nyebutnya, single.
          Pacaran itu ada untuk mengenal pasangan lebih dekat. Tapi sekarang, pacaran cuma kayak main-main aja. Aku udah sering banget lihat anak SMP bahkan SD yang pacaran. Mereka bisa aja tuh pacaran cuma seminggu, 3 hari. Apa dikit, putus. Besoknya cari lagi gandengan lain. Adeeh..
          Pacaran itu nantiii.. Kalau sudah besar. Emangnya enggak sabaran amat apa nunggu nanti? Kan juga ada waktu kalian memang harus mencari pasangan. Tapi itukan nanti, bukan sekarang. Pacaran itu sesuatu yang seharusnya dijalani secara serius dan bijak, bukannya main-main -_-.
          Alasan lain kenapa aku enggak pacaran selain apa yang kusebutkan di atas adalah, aku sudah janji kepada almarhum Eyangku buat enggak pacaran sebelum umur 18. Tapi dia menyarankan pas udah punya kerja nanti pas gede (Sebenernya sih, aku udah punya kerjaan. Penulis. Tapi tetap tidak memenuhi syarat karena belum 18 tahun itu). Ya, tapi ngapain juga ya aku ingin bisa pacaran secepatnya? Aku udah bisa nebak gimana aku nanti pas pacaran; hari-hariku hanya dipenuhi si dia  dan enggak akan fokus sama hal lain selain itu dan kalau misalnya putus, aku bakalan jadi benda tersedih di dunia. Jadi, pacaran itu memang buat nanti-nanti banget. Waktu akunya sendiri sudah siap mental.
          Jauh dari hal ini yang menganggap pacaran di usia dini itu tidak baik, masih ada orang yang menganggap suka-sukaan di usia dini itu udah tidak baik. Gimana lagi soal pacaran.
          Tapi, kalo sekedar suka sih, ya.. Enggak apa-apa. Karena kita enggak bisa ngontrol secara penuh kita suka sama siapa karena ini ada hubungannya dengan proses kimia yang melibatkan zat feromon yang dikeluarkan tubuh dan FNO di dalam hidung.
          Tubuh mengeluarkan bau yang hanya bisa dirasakan oleh alam bawah sadar bernama feromon. Feromon ini akan terdeteksi oleh FNO di dalam hidung. Jika kita cocok dengan FNOnya, kita bisa suka dengan seseorang tersebut. Yah, kira-kira itulah gambaran sederhana yang terjadi ketika kita jatuh cinta. Sebenernya prosesnya jauh lebih  rumit dan aku susah untuk menjelaskannya di sini.
          Akupun, sebagai seseorang yang normal, pasti punya orang yang disuka. Tapi aku enggak akan bahas dia di sini karena kuyakin akan bikin geli kalian semua. Yang jelas dia cowok (:v), manusia (kalau ada gen lain kaya gen orangutan gitu, aku enggak tau), dan bernafas dengan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon monoksida dioksida. Mungkin sekarang dia lagi ngupil (Kayaknya menderita banget deh jadi dia. Disuka sama orang tapi bukannya dipuja-puja sama orang yang suka sama dia, malah dijelek-jelekin). *Evil smile*.

          Mungkin, sampai di sini sajalah ya postingan kali ini. Jika anda berusia di bawah 18 tahun dan jomblo single, banggalah, karena kalian berada di jalan yang benar. Jadi, Bangga jadi single! Sekian~

5 komentar:

  1. *Ngakak-ngakak*
    Baiklah, Sa/Rel, memang banyak yang tidak kamu jelaskan =P

    BalasHapus
  2. Hahaha.. Kita punya banyak kesamaan di berbagai bidang, Sa/Rel :D Aku telat baca sih, baru belakangan ini kenal blog kamu, tapi aku suka statement di paragraf terakhir itu =P

    BalasHapus