Jumat, 15 April 2016

Keseruan THEATRE (Hari Ketiga)

Hari terakhir.. Hiks.. :')



Sabtu, 31 Mei 2014
Hari ini, aku bisa tidur pulas dan bangun saat matahari sudah bersinar terang di luar sana (Ingetkan kemarin dibolehin bangun siangan?).

Setelah mandi dan sarapan, ada materi ke-4 yang sekaligus jadi materi terakhir di THEATRE.

Di rundown acara sih, materinya ini sekaligus meet & greet Muslim Show. Muslim Show itu apa sih?? Dalam bayanganku, ada kakak-kakak model yang bakal catwalk di kelas kami sambil pake busana muslim. Terus kami di sana ngapain?? :v

Waktu masuk ke kelas, udah ada 2 orang bule di dalam. Hmm.. Menarik..

Dan ternyata, Muslim Show itu adalah seri komik dan 2 orang bule yang tadi itu komikusnya dari Prancis. Namanya kak Greg dan kak Karim.

Materi kali ini enggak ada hubungannya sama nulis karena sekarang kami diajarin ngegambar.

Yang kak Greg atau kak Karim omongin, kami tetep ngerti kok walau ngomongnya pake bahasa asing karena ada seorang kakak translator.

Kami diajarin gambar orang dengan style Muslim Show.

Terakhirnya, kami diminta buat gambar untuk dilombain dan pas farewell party bakalan diumumin punya siapa-siapa aja yang paling bagus dan ada hadiahnya.

Hari ini, di belakang kelas disediain stand buku dan kami bisa membelanjakan voucher 100.000 kami yang kemarin dikasih. Oh iya, wajah-wajah kami akan digambar dibuku Muslim Show yang kami beli langsung sama komikusnya.. Yeee..

Lucuuu :'3.. Rambutku mirip banget XD.. Hwaahahah.. Tapi kok aku melet yah? Aku inget pas kak Greg gambarin lidahnya, dia agak evil laugh gitu. Hmmh.. Hahahah.. XD
Sama kak Greg :3
BTW itu aku naik ke tangga ya makanya tinggi :v

Foto bareng sama kak Karim dan kak Greg


Sesi gambar wajah ini belum selesai saat kami harus berangkat ke Ciwalk untuk acara selanjutnya. Tapi tenang, nanti ada sesi keduanya..

Di Ciwalk, setelah turun dari bis, kami disuruh berbaris perkelompok. Kakak panitia menjelaskan kalau kami di sini akan lomba mendeskripsikan tempat. Nanti teman sekelompok kami akan mencari tempat tersebut berdasarkan tulisan kami.

Di setiap tempat yang ditentukan akan ada 5 orang perwakilan kelompoknya masing-masing. Jadi, kalau tadi satu barisan ke belakang itu satu kelompok, yang diambil itu satu barisan ke samping.

Aku dan 4 orang lainnya di tempatkan di area dekat panggung, J.CO, sama tempat main.

Kami dikasih waktu agak lama. Aku lebih banyak nengok kanan-kiri daripada nulis. Tulisanku juga cuma dikit aja karena perasaan aku udah nulisin semua yang ada di situ.

Setelah waktunya habis, kami makan siang di Gokana. Aku kira bakal makan ramen.. Taunya bento. Tapi aku tetep suka kok.

Suasana makan siang di Gokana Ciwalk

Harusnya, setelah ini kami bakal dapetin tulisan salah satu temen sekelompok kami. Tapi, tiba-tiba kami disuruh langsung ke bis. Katanya kak Greg dan kak Karim sore ini ada meeting. Kalau kami terusin acaranya di Ciwalk, enggak akan ada sesi kedua gambar wajah. Jadi, mau enggak mau kami harus meredam keinginan belanja-belanja di sini. Hiks. Aku keinget wajah-wajah temenku tadi pagi yang waktu tau kalau Ciwalk itu mall, langsung pada balik ke kamar buat ngambil uang. Sekarang malah enggak sempet belanja. Hiiiiks..

Sampai di Pussenif, temen-temen yang lain langsung ngantri buat digambar wajahnya sama kak Greg. Aku sih enggak. Karena di sesi pertama aku orang kedua yang wajahnya digambar.

Setelah sesi kedua gambar wajah, kami sepertinya istirahat sebentar buat siap-siap lomba plot.. THEATRE banyak lombanya ya :'v
Pertama dari kak Boim, terus lomba gambar dari kak Greg dan kak Karim, lomba mendeskripsikan tempat, sama lomba nulis plot. Huuuft..

Itu.. greget banget deh. Kami harus nulisin ide sebuah novel dalam waktu 2 jam.

Kami dibolehin nulis di mana aja asal enggak jauh-jauh dari kelas. Aku sama beberapa orang ke luar kelas.



Waktu itu, aku persis kayak pas aku nulis novel pertamaku. Langsung nulisin semua ide yang muncul di otak. Aku bikin plot berdasarkan ide cerita yang kudapetin waktu pelajarannya kak Izzati.

Karena udah sore dan menjelang maghrib, lama-lama gelap dan aku akhirnya masuk kelas juga.

Di dalem kelas, kak Moemoe itu lagi nulis plot juga dan apa yang dia tulis itu ditayangin di papan tulis pake infocus. 5 menit pertama di kelas, aku cuma baca tulisannya kak Moemoe. Untung aku dari tadi nulis di luar. Kan kalo di sini bukannya nulis malah liatin kak Moemoe nulis. Ceritanya seru sih..

Aku ngasihin kertasku di akhir-akhir karena seperti yang dibilang, aku enggak bisa nulis cepet tanpa tulisanku ancur dan gak bisa dibaca. Daripada nanti kasihan ke kakak-kakak yang baca nanti, mending aku nulis pelan-pelan aja tapi tetep selesai dan bisa dibaca.

Dengan takut-takut aku ngasihin kertasku ke kak Moemoe dan kak Tiara. Setelah itu aku.. antara masih takut dan lega.

Setelah lombanya selesai, kami balik ke asrama buat istirahat dan persiapan farewell. Katanya setiap kelompok harus menampilkan sebuah pertunjukan di farewell party.

Jadi, semua kelompok waktu itu rapat sehabis makan malam.

Seperti biasa, ruangan rapat Kelompok MU itu adalah kamarku, Intan, dan Arum alias kamar Lucid Dream.

Yang pertama dibahas itu penampilan yel-yel kami. Terus yang kedua itu tentang pertunjukan kami. Kami putuskan buat mempertunjukan sebuah drama.. Weiiisss..

Kami latihan dialog di dalam kamar. Seru banget deh. Ngakak. Meski kami cuma bisa duduk karena sempit, tapi udah terbayang gimana pertunjukan kami nanti.

Kalau waktu latihan formasi yel-yel kami, latihannya di halaman depan wisma. Terus balik lagi ke ruang rapat buat mematangkan drama kami.

Saking serius dan asyiknya kami bahas soal drama, tiba-tiba ada yang ketok-ketok kamar kami. "Kalian enggak ke kelas?? Yang lain udah di sana" kata kakak panitia.

"HAH!!?" wuiih itu kami langsung ribet, buru-buru, panik, ah segala macem.
"Ayo buruan!"
"Bentar tas aku di kamar!'
"Cepeeeet!!"

Setelah semuanya udah siap, kami lari-lari ke kelas. Keinget pas kami Treasure Hunt.. Tapi yang ini kami enggak dikasih senter dan kami lari-lari secepatnya (Treasure Hunt santai aja jalannya).

Kami sampai di kelas dengan ngos-ngosan banget.

Suasana Farewell..

"Karena kelompok MU telat, jadi mereka tampil duluan.." kata kak Nirra.

Whuaaat!!? Udah ngos-ngosan gini, langsung disuruh tampil??? Heeft.. Yaudah deh..

"Formasiiii!!"
Kami melingkar dan menumpuk tangan kami di udara, lalu bersorak.. Emh.. Apa ya? Sepertinya enggak jauh dari kata "MU". Maafkanlah.. Daku lupa :'v
Setelah itu, kami membuka formasi lingkaran menjadi setengah lingkaran dan mulai bernyanyi.

"Kita sangatlah beda jalani hidup kita, tapi kita satu, mimpi kita satu. Bersama jelajah PUSSENIF, buanglah semua takutmu~u-u! Em-yu! Em-yu! Kita adalah manusia yang unyu-unyu.. unyu.. ooh unyu"

Tepat dikata "Unyu", Fatimah dan Arum yang ada di tengah-tengah formasi segera membentuk bentuk love dengan tangan mereka karena mereka yang paling unyu-unyu.

Selesai yel-yel dengan nada One Heart itu, Tata dan kak Ria ngerap dengan lirik yang sama. Kereeeeeen :v

Waktunya dramaaaa~

Jujur aja, kami enggak ada ide buat judulnya jadi judulnya adalah~ Enggak Ada Judul!
Berkisah tentang 2 orang teman yang sedang memperdebatkan sesuatu.
Tokoh 1 (Kak Annet): "Eh kamu tau enggak judul buku baru penulis terkenal itu?"
Tokoh 2 (Kak Ria): "Wah, emangnya apa?"
Tokoh 1: "Enggak Ada Judul"
Tokoh 2:"Hah!? Maksudnya!?"
Tokoh 1:"Ya judulnya Enggak Ada Judul"
Tokoh 2:"Kamu gimana sih!?"
Tokoh 1: "Ah.. daripada gini terus, mending aku ceritain aja.. Jadi ceritanya begini.."

Dan cerita kamipun dimulai..

Suatu hari ada seorang petapa yang bertapa di tengah jalan (Arum). Saat ada seorang pengendara (Aku) yang membonceng kedua temannya (Intan dan kak Beta) melintasi jalan,

Eh, bentar.. Kok sekarang aku baru merasa peran ini mirip sama cabe-cabean ya? Emh.. lupakan. Lanjut aja deh..

menjadi terganggu jalannya dan terjatuh.
"Heh! Jangan di tengah jalan dong!" pekik sang pengendara. Sang petapapun menoleh dan dia membalas dengan juluran lidah. "Ih, nyebelin ya mukanya", komen salah satu orang yang dibonceng. "Jangan di sini dong, pergi sana!" ujar sang pengendara yang naik pitam.

"DIAAAAM SEMUANYAA!!" suara menggelegar datang dari belakang pengendara motor tadi. Yang barusan tadi berteriak adalah asisten Pahlawan Sakti (Fatimah). "Yang bisa mengusir petapa itu hanyalah Pahlawan Sakti (Tata) dengan rap saktinya..".

Sang Pahlawan Saktipun muncul dengan gagahnya di antara kekacauan ini dan dia mulai mengeluarkan jurus rap saktinya..

"Heh kamu, kamu, yang di sana, jangan di sini, jangan di sini! Pergi sana, pergi sana! Hush! Hush! Jangan di sini, jangan di sini! Ngalangin jalan!"

Dan akhirnya, petapa tadi perlahan pergi..

Daaan..

TAMAT! *Yash! Nulis 'Tamat' sebagai penutup!!*

Begitulah drama kami yang penuh spontanitas saat proses pembuatannya bareng-bareng di ruang rapat kami tadi.

Setelah penampilan kami selesai, kami dipersilahkan milih satu kelompok buat tampil selanjutnya. Di sini rasanya kami kompak banget nunjuk Kelompok Zaitun. Jadilah, mereka yang tampil selanjutnya.

Mereka itu nampilin kisah seorang anak yang jahil dengan ngetok-ngetok kamar temennya dan akhirnya kena jebakan temennya yang dia isengin. Itu diambil dari kisah nyatanya Alya selama THEATRE. Di akhir, Alya minta maaf ke kami semua.

Oooh jadi selama ini Alya, toh.. Kamar Lucid Dream juga diketok-ketok. Pas kedua kalinya diketok, aku buka pintunya cepet-cepet sambil majang wajah serius bin kesel, pas diliat ternyata kakak panitia.. oafohoihasfoiahdfoial... Alyaaaaaaa :'v

Aku banyak enggak inget pada nampilin apa aja. Tapi aku masih inget penampilannya grup Orangutan. Jadi mereka bikin parodi Indonesian Idol. Namanya jadi Indonesian Dodol dan Sulthan jadi  MCnya, Kak Wheza jadi Nowheza (Maksudnya Nowela), Najla yang lain jadi juri.

Setelah semuanya selesai tampil, ada tayangan foto-foto kakak-kakak panitia. Semua panitia kecuali kak Moemoe, ditepukin. Untuk kak Moemoe, spesial, kita sorakin "Huuuuuuuu". Masih sebel pokoknya sama kak Moemoe.

Tiba-tiba lampu-lampu dimatiin sehingga gambar dari infocus jadi lebih jelas.

Pos Fantasteen lagi maksudnya???

Oh enggak..

Di layar di depan, diputarlah semua foto-foto kegiatan kami selama THEATRE... Di dalam hatiku ada perasaan mengganjal. Ini.. Sebentar lagi selesai... :')


Foto-foto kami habis..

Kakak-kakak panitia tiba-tiba muncul sambil membawa lilin di tangan masing-masing. Mereka minta maaf kalau galak atau apa.. Suasana seketika sendu..

Tiba-tiba kuntilanak yang kemaren ada di pos Fantasteen melintas di depan mereka.. Ooiii ganggu aja :'v

Lampu-lampu dihidupkan lagi walaupun sebagian dan di bagian belakang saja.

Ada pengumuman pemenang gambar terbaik dan deskripsi tempat terbaik. Aku.. enggak inget siapa aja yang menang. Yang kuingat waktu Tata dipanggil ke depan karena gambarnya menang, lalu Intan menang deskripsi tempat terbaik. "Heran ya. Dia tuh KPCI menang, itu menang, kalau lomba menang terus. Ini juga menang. Intan!" kata kak Moemoe. Aku langsung tepuk tangan kenceng-kenceng sambil menatap Intan yang maju ke depan..

Intan keren.. Untung aja enggak pulang di hari pertama.. Hwahahahah.

Lalu ada nominasi-nominasi. Yang kuinget, nominasi Perserta Teraktif, Perserta Terkreatif, Kelompok Terkompak, dan Kelompok Terheboh..

Waktu disebutin nominasi Perserta Terkreatif, namaku disebut :V

Ada 3 orang, tapi yang kuinget cuma aku sama kak Wheza. Dan yang menang kak Wheza. Aku cukup speechless namaku ada di nominasi itu.. Kreatif? Kreatif??? Apanya? :v

Pemenang Kelompok Terkompak itu Kelompok Zaitun dan pemenang Kelompok Terheboh Kelompok Orangutan. Zahra pemenang Perserta Teraktif.

Oh iya.. Kami juga diminta buat nulisin harapan-harapan dan nempelin di sini. Kami juga diminta buat ngevote nominasi-nominasi buat kakak-kakak panitia..

Terakhir, kami disuruh ke depan buat penganugrahan. Kami dipasangin selempang THEATRE dan berfoto bersama untuk TERAKHIR kalinya.. Hiiks..

Sesaat setelah itu, semua di sana pelukan.. Nangis..

Sementara aku, dalam keadaan emosi yang stabil..

Serius, aku bener-bener enggak ngerti dan enggak nyangka kalau ini sebenarnya adalah salah satu PERPISAHAN PALING MENYAKITKAN di hidupku. Di malam itu, mungkin aja terakhir kali aku ketemu mereka.. Mungkin kami enggak akan bisa reunian..

Kangen.. Berbulan-bulan setelah itu barulah aku baper. Baru aku kangen, Baru aku sadar. Sadar hari itu enggak aku manfaatkan dengan benar.. Dengan baik..

Aku minta dijemput hari itu juga.

Iya. Hari itu juga.

Aku hanya sempet ngobrol sebentar sama temen-temenku yang lain di kamar. Sekitar 3 jam aja. Jam 12 malam aku dijemput. Dan tanpa  berkata-kata, hanya dengan lambaian tangan dan pelukan, aku pamit.

Tanpa setetes air matapun yang jatuh.

Tak ada.

Aku pulang dengan senyum..

..yang semakin hari semakin memudar karena rasa rindu yang semakin menjadi-jadi..

Aku.. kangen THEATRE.. kangen mereka.. kangen temen-temen sekamarku.. Kangen MU.. Kangen kamar nomor 1 Lucid Dream, Kangen yang lain.. Kangen Treasure Hunt.. Kangen suasananya.. Kangeeeen... Hiiiiks..

Terimakasih untuk 3 hari yang menjadi salah satu hari-hari paling indah di hidupku ini. Terima kasih kepada DAR! Mizan yang telah membuat writing camp THEATRE ini dan memberikanku kesempatan untuk ikutan. Terima kasih kepada seluruh panitia yang telah lelah menjaga kami dan membuat acara ini menjadi seru sekali.. Maaf bila kami bandel, berisik, dan ngeselin. Buat temen-temen, aku enggak nyangka banget bisa ketemu kalian yang saat itu udah banyak yang nerbitin buku. Kalian hebat-hebat banget deh.. Enggak pernah kebayang waktu itu buat punya temen penulis cilik. Yang dulu belum punya buku, sekarang udah pada nerbitin buku temasuk aku :'). Kalian semua pasti bakal tumbuh jadi penulis-penulis hebat deeeeh.. Aamiin..
Mohon maaf ya dulu aku cuek banget.. Enggak ngerti apa-apa.. Sekarang baru kerasa kangennya. Aku bahkan sampe sekarang masih belum kenal beberapa dari kalian.. Maaf ya.. Huhuhu..

Sekarang, udah hampir 2 tahun berlalu sejak THEATRE diselenggarakan. Tapi kenangan-kenangan itu masih membekas.. Dan tentu, kenangan itu enggak ingin aku lupakan dan itulah sebabnya kutulis di sini selagi aku masih mengingat garis besarnya.. Biar suatu hari bila aku mulai melupakan keseruan THEATRE ini, aku bisa membaca lagi tulisanku di sini dan aku teringatkan kembali.. Mengenangnya kembali :')

Salam kangen dari Ailsa yang nyamar jadi Farel di blog ini XD.. Semoga kita bisa ketemuan lagi ya di acara-acara DAR! Mizan lainnya.. Aamiiin.. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar