Sabtu, 23 April 2016

"LWC tahun depan di Bandung!"

9 Desember 2015
           Pagi ini, aku hanya bisa uring-uringan di kasurku dengan seluruh kegalauan yang menggelayuti jiwaku. Hari ini, hari pertama ARKI dan aku tak terlibat di dalamnya. Baper uhuhuhuhuhuh..
          Sebenarnya sih, kalau enggak ingin tambah galau lagi ya, jangan chatingan sama finalis ARKI yang of course lagi bahagia banget di Jakarta sana. Tapi, entah mengapa aku tetep chating sama finalis-finalis ARKI. Kali ini aku chat sama Om Imim (Yang jelas bukan om-ku dan bukan om-om).
          Di antara sela-sela chat kami, tiba-tiba dia bilang begini, “Woi! LWC tahun depan ada di Bandung! Ikutan gih” dan dia juga ngasih foto posternya sama URL tentang lomba itu.
Sebenernya sih ini bukan LWC (Letter Writing Competition), melainkan LMS (Lomba Menulis Surat). Persamaannya sama-sama lomba nulis surat dan sama-sama dari Pos Indonesia. Bedanya, yang satu pake bahasa Inggris, satu lagi pake bahasa Indonesia. Kalau LWC ada sponsornya (Republika), LMS kalau enggak salah murni Pos Indonesia (Kalau enggak, ini ada  KPK-nya)
          Di Bandung?? Di Bandung??????????
          Itu artinya..
          Aku bisa datangin temen-temenku yang lolos ke tempat acaranya! Di BalKot lagi! Kan lumayan deket!
          Sebenernya, aku sedih karena enggak lolos ARKI itu, penyebab utamanya bukan karena enggak bisa ikut kegiatannya, tapi karena aku enggak bisa ketemu sama temen-temenku yang lolos di sana. Ada beberapa temen dari THEATRE yang lolos. Temen sekamarku di kamar Lucid Dream THEATRE, Arum sama Intan, lolos. Coba aja aku bisa lolos, satu kamar reunian tuh. Tapi sayangnya enggak. Yea tapi orang yang paling ingin aku temui di ARKI itu ada 3 orang; Sulthan, Kirana, dan Om Imim. Pokoknya aku ingin banget ketemu sama mereka bertiga.
          Oh ya, mereka bertiga lolos LWC 2015 dan lolos ARKI 2015 juga. Ya Allah.. Hebat-hebat banget mereka..
          Kalau ke Jakartakan jauh sama berat di ongkos. Aku enggak mungkin banget pas ARKI digelar ini aku yang enggak lolos nekat pergi dari Bandung ke Jakarta buat hanya sekadar nemuin mereka bertiga dan temen-temenku yang lain.  Kalau acaranya di Bandungkan, aku bisa datengin mereka. (Mereka bertiga pasti lolos karena mereka hebat-hebat banget. Dan kalau aku enggak lolos lagikan, tetep bisa ketemu dengan cara datengin acaranya. Ya, kan?)
          Tapi meski siap sekali jika enggak lolos (lagi), aku akan tetap mencoba ikutan lomba ini karena aku jatuh cinta sama temanya. Temanya asyik dan ‘Aku banget’. Pokoknya aku harus ikutan!
          Selang beberapa saat kemudian, di TV ada berita soal puncak acara Festival Anti-Korupsi yang digelar hari ini sampai tanggal 11 Desember nanti dan acaranya di.. Bandung lagi! Acaranya di Sabuga (Sasana Budaya Ganesha) dan Sabuga itu deket sama apartemenku.
          Sayangnya, orang tuaku sibuk. Jadinya enggak bisa nganterin aku ke sana dan aku enggak dibolehin pergi sendirian. Sebenernya sih di sana nanti juga ada temen-temenku. Tapi tetep enggak dibolehin pergi. Yaaah.. Padahal datang ke sanakan bisa menambah wawasan untuk naskah suratku nanti.
          Lombanya masih 2 hari lagi dibukanya dan deadlinenya masih 3 bulan lagi. Tapi serius, aku udah enggak sabar.
          Karena lombanya tulis tangan, kayaknya tulisan tangannya dinilai juga deh. Soalnya LWC 2015kan finalnya tulis tangan dan tulisan tangannya dinilai juga.
          Sebelum lombanya dibuka ini, aku mencoba buat latihan nulis A-Z dengan huruf kapital dan kecil 2 kali, nulis angka-angka sebanyak jumlah abjad, nama-nama teman-temanku, dan hal lainnya sampai 2 halaman keras folio habis. Karena ini double folio, sisanya baru kupake untuk latihan nulis suratnya. Baru setengah halaman, aku udah bosen dan akhirnya kusimpan di dalam tas.
          Pokoknya, sejak saat itu, kertas latihan berserta papan dada itu tersimpan rapih di dalam tasku dan enggak ada kemajuan selama bulan Desember (Waktu itu menikmati liburan akhir semester di luar kota – Homeschoolkan dikasih libur juga hweheheh).
          Yah, walau enggak ada kemajuan di naskahku, selama bulan Desember itu aku banyak merenung dan mencari ide.
          Aku baca-baca ceritanya Kirana (Kakak kelas di komunitas homeschoolingku dan yang kemarin juara 1 di LWC 2015) tentang LWC 2015 kemarin di wordpressnya.
          Tentunya kalau aku enggak lolos sebuah acara winner camp dan punya kesempatan diceritain sama yang mengalaminya, pasti tertarik banget. Tapi yang bikin aku tertarik itu waktu dia nyeeritain materinya Tere Liye.
          Tere Liye itu adalah salah seorang penulis favoritku. Malahan dulu aku enggak mau beli buku lain selain bukunya dia. Di LWC, dia jadi salah satu pemateri dan pastinya aku ingin banget ketemu dan diajar sama dia.
          Kalau dilihat dari cerita-ceritanya Kirana, Suthan, sama Om Imim soal materinya Tere Liye, menurutku itu lumayan berat dan bisa aja aku belum kuat buat ada di kelasnya.
          Kirana juga nulisin detik-detik finalnya. Kalau aku ada pada saat itu, mungkin aku bakalan stress banget dan enggak kuat kayaknya.
          Dan di sini aku menyadari.. Memang acara-acara final di winner camp itu ya emang buat orang yang hebat. Yang pantas. Mungkin aku memang belum pantas dan kuat mental kalau lolos.
          Di balik aku enggak lolos-lolos winner camp itu, ada hikmahnya. Bisa aja di sana aku bukannya seneng tapi malah stress gara-gara enggak kuat mental nanti.
          Di lomba kali ini yang ternyata bukan LWC 2016 melainkan LMS 2016, salah satu pematerinya itu Tere Liye lagi (Sebenernya semua pematerinya sama kayak LWC 2015 kemarin). Aku harus mampu, harus pantas, dan harus kuat kalo aku mau lolos dan ketemu dia.
          Di awal bulan Januari, aku mulai serius nulis naskahnya.
          Alhamdulillah aku dapet banyak inspirasi dan bahan buat naskahku ini dan aku bisa nulis dengan lancar.
          Sebelum nulis, aku menatap selembar kertas folio kosong di depanku sambil berkata, “Kalau aku mau lolos, aku harus berikan yang terbaik dan aku harus layak..”.
          Waktu itu, aku langsung menuangkan semua ide-ideku tanpa ragu-ragu. Melampiaskannya di kertas folio itu. Dan kali ini aku serius banget. Duduk, diam, nulis. Mungkin karena pengaruh udah malam juga dan memang enggak ada yang berminat ngechat aku, makanya hapeku itu enggak mengganggu sama sekali.
          Aku lihat di posternya ada tulisan yang bilang kalau naskahnya sekitar 800 kata – 1000 kata atau 2 halaman. Karena waktu itu udah sampe 2 halaman, aku tanda tangan dan naskah suratku selesai.
          Besoknya barulah aku kasihkan ke orangtuaku buat minta komentar.
          Biasanya kalau orangtuaku lagi meriksa naskahku, aku bakal menjauh buat memberikan mereka sedikit ketenangan lebih.
          Dari jauh aku denger mereka ketawa-ketawa. Aku bingung.. Apa ya yang lucu?? Perasaan enggak ada yang lucu.. Kok ketawa?? Eh? Jangan-jangan bukannya baca naskahku mereka malah asyik sama hal lain...
          Tiba-tiba aku denger Papaku bilang, “Anak umur 13 tahun nulis ini.. 13 tahun nulis kayak gini??” dan mereka berdua ketawa-ketawa enggak jelas entah mengapa.
          Ya mereka memang kadang lumayan geje (Sama kayak aku). Tapi habis itu aku dipanggil dan mereka bilang bagus. Hanya aja ada beberapa kata yang writo (Versi typo di tulisan tangan) dan banyak kata yang enggak baku. Kayak, “Datang” jadi “Dateng”, “Teman” jadi “Temen”, “Enggak” jadi “Gak”. Oh iya juga.. Walau bahasanya enggak formal, setidaknya kata-katanya baku.
          Sesuai arahan dari Mamaku, aku nyalin naskahku itu ke laptopku dan kalau ada yang perlu diubah-ubah, ya di laptop. Kalo udah yakin kayak gitu, barulah disalin ke naskahnya.
          Aku ngerevisi beberapa kalimat, kata-kata yang writo, dan kata-kata yang enggak baku. Pokoknya, setelah selesai ya disalin ke kertas polio pake tulisan tangan. Tapi kali ini aku bener-bener hati-hati. Satu kata writo, aku ulang lagi dari awal. Mungkin aku jadinya ngulang 3 kali deh.. Totalitas itu ribet ya :v
          Pokoknya tanggal 11 Januari atau sebulan sebelum deadline, aku kirim naskahnya.
          Awalnya udah tenang. Tapi begitu liat lagi naskahku yang di laptop, aku langsung keringet dingin. Naskahku walau 2 halaman cuma 500-an kata! Iiiih.. aiufouefhogdfuoagoufjk... Gimana dong?
          “Kan tadi dibilangin.. Besar tulisan tangan orang itu beda-beda. Kalau lebih dari 2 halaman asal 800 sampai 1000 kata ya, gapapa” perkataan Papaku itu langsung bikin aku nyesel. Terus gimanaaaaaa huhuhuhuuh..
          Aku nanya di Twitter soal hal ini. Dan adminnya bilang, “Ya tergantung katanya, Mbak. Kalau dalam 2 halaman sudah 800-1000 kata, ya silahkan”.. Astagaa.. Gimanaa niiih.. Huhuhu..
          “Ya.. terserah panitianya aja” kata Papaku lagi waktu aku dengan wajah ingin nangis ngasih tau jawaban admin Pos Indonesia. Semoga.. huhuhu.. semoga naskahku isinya cukup bagus dan bisa dimaafkan kekurangan katanya itu.. Huhuhuhu..
          Waktu aku tidur, aku mimpi buruk kalau naskahku langsung ditolak karena kependekan. “Naskah apaan ini!? Tidak sesuai syarat. Diskualifikasi!”.
          Uuuuhuuuuuh aku stress.. Duh.. Malah di posternya enggak ada tulisan boleh kirim lebih dari 1 atau hanya boleh kirim 1. Aku harus nanya lagi.
          Tanya di Twitter lagi, enggak dibales-bales. Duuh berarti harus ke kantor posnya langsung.
          Kebetulan, kegiatan pramukaku di Taman Lansia dan di sebelahnya itu Kantor Pos pusat. Aku berarti bisa nanya-nanya di sana.
         
          “Mau ke mana, dek?” baru sampai gerbang, aku langsung dihadang pertanyaan Pak Satpam. “Mau nanya soal Lomba Menulis Surat”. Beberapa detik setelah aku bilang begitu, dia langsung komunikasi sama temennya lewat walky talky. Pokoknya ribet banget deh mereka. Padahal aku cuma mau nanya bentar aja loh :v. Akhirnya, aku disuruh masuk ke kantor pelayanannya.
          Sampai sana, aku disuruh baca dulu posternya. “Saya udah baca, Pak” kataku. “Baca dulu” pokoknya aku harus baca. Yaudah deh, kubaca dan pertanyaanku tetep enggak terjawab.
          Akhirnya ada satu orang bapak yang keluar dan menemuiku. “Pak, boleh kirim lebih 1 enggak naskahnya?” tanyaku, “Oh.. Boleh, dek” katanya. AAAAAAH AKU LEGAA.. “Oh gitu, Pak?? Makasih ya, Pak!” dan tanpa pamit aku lari keluar saking bahagianya.
          “Udah dek nanyanya?” tanya pak Satpam yang tadi, “UDAAH PAAK.. BOLEEH KATANYAAA.. MAKASIH PAK.. YEEEE!!” dan aku lari keluar area Kantor Pos sambil kegirangan. “Eh? Sama.. Sama?”.. Ahahahahahah! Kayaknya dia bingung banget deh aku kenapa :v..
          Sampai rumah, dengan semangat, aku nambahin beberapa paragraf. Ternyata, masih banyak juga idenya.. Sampai akhirnya jadi 850-an kata dan waktu disalin jadi 2 lembar atau 4 halaman. Akhirnya..
          Sekitar akhir bulan Januari atau awal Febuari, aku kirim naskah kedua ini. Dan setelah itu.. aku lega.. Aku sudah melakukan yang terbaik, dan tinggal menunggu hasil sambil terus berdoa.
          Setiap ngelewatin Balaikota yang nanti bakal jadi tempat acaranya, aku selalu berucap dalam hati, “Kalau aku diizinkan, aku akan ke sana..” dan hatikupun menjadi damai karena telah menyerahkan semuanya ke pada yang di atas.
          Pokoknya, aku enggak boleh sedih kalau enggak lolos. Toh, aku bisa nyamperin temen-temenku nanti. Mereka pasti lolos. Mereka bilang enggak ada ide, tapi aku nganggep mereka bohong dan itu cuma akal-akalan mereka buat bikin aku lebih pede buat nulis naskahku kali ini. Bohong kalian! Aku enggak percaya.. Pasti ada ide! Kalian pasti lolos!! *Acung pisau*..
..okay, ini udah agak lebay, ya...
          Yap, dari pada aku tambah lebay dan geje, mending sampai sini dulu, ya pos kali ini. Ceritanya bersambung, ya, kawan-kawan.. Hweheh..

          BTW maaf ya baru ngepos setelah seminggu. Soalnya, terakhir aku pos, virus di laptopku makin menjadi-jadi. Tapi cuma ngaruh di internet aja. Jadi kalau connect ke wifi, langsung muncul 20 tab otomatis dan isinya ads semua. Kadang juga download-download sesuatu sendiri. Jadi, aku agak males buat buka internet. *Kog malah curhat*. Yaudah deh pokoknya segitu aja :v.. Daah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar