Senin, 11 April 2016

Petualanganku Di Dunia Kepenulisan

Hai-hai semuanya..  Di pos kali ini, aku akan cerita seputar dunia kepenulisanku dari awal sampai hari ini. Perjalananku yang penuh lika-liku, guncangan, kejutan, namun masih panjang dan tak jelas di mana ujungnya. Atau mungkin, malah tak berujung? Entahlah.. Kita lihat saja nanti.

Tapi sebelumnya, aku ingin minta maaf nih. Aku tuh ingin ngepos setiap 2 hari sekali, tapi entah mengapa selalu aja ada sesuatu yang lebih menarik daripada ngetik di laptopku dan hal itu menyita waktu dan energiku.  Jadi, kemungkinan aku ngepos sesuai mood ya (Artinya gak ada jadwal khusus setiap 2 hari sekali, seminggu sekali. Atau arti lainnya tidak menentu gara-gara aku cukup moody). Dan, entah mengapa, tulisanku jadi agak berbeda nih. Kemungkinan gara-gara aku baca cerpen-cerpenku dulu dan terpengaruh. Jadi sepertinya tulisanku enggak akan kayak pos-pos sebelumnya. Kalau kalian kurang nyaman dengan tulisanku kali ini, maaf lagi.. Huhuhuu..

Sampai saat ini, ada 2 cerpen dan 1 puisiku yang diterbitkan dalam bentuk buku antologi. KKPK seri Juice Me Hachimi & Hachiko bab Garfield KW 2 terbitan DAR! Mizan, Wonderland vol. 2 bab Menatap Mentari Dalam Senja terbitan Ellunar, dan Sajak-Sajak untuk Ibunda Tercinta bab Rangkaian Kata Tentang Ibunda terbitan Waroeng Booku. Yang ada di toko buku cuma yang Hachimi & Hachiko. Yang lain cuma bisa dipesan online karena yang nerbitin penerbit indie.



Mungkin karena aku sudah terbukti jadi seorang penulis dengan berhasil nerbitin buku, banyak temen-temenku yang juga nulis, nanya-nanya ke aku. Menurutku, aku enggak sesenpai itu ya. Eh, maksudnya enggak sehebat itu sampe bisa ditanyain kayak gitu seputar dunia kepenulisan. Tapi ya, sebisa mungkin aku menjawab pertanyaan mereka dengan pengalaman-pengalaman yang kupunya. Setidaknya, aku bisa berbagi ilmuku yang masih seujung kuku ini. Karena, apalah arti sebuah pohon yang berbuah namun tak ada yang memakan buahnya? Apalah arti memiliki ilmu namun tidak ada manfaatnya bagi yang lain? Hehehe.. Sok-sok bijak gitu sekali-kali bolehlah yah.. Hwahahah..


Oh yah, karena judulnya "Petualangan", aku pakai metafor yang berhubungan dengan melaut yah.. Hweheheheh..

Pelayaran Pertama
Sejauh ini yang kuingat, pertama kali aku nulis cerita itu waktu aku kelas 1 SD. Tapi, bukan cerpen atau puisi, melainkan diary. Tapiii oh tapi lagi.. Bukan diary pada umumnya. Aku nyebutnya "Diary Palsu".

Kalau orang lain nulisin hal-hal sehari-hari yang nyata terjadi, aku kebalikannya. Aku nulisin diary yang kejadian-kejadiannya itu aku karang. Fiksi. Mungkin bagi orang-orang yang enggak kenal aku dan baca diary itu, reaksinya enggak akan jauh-jauh dari, "Ih kamu hebat banget" atau "Ini seriusan?". Tapi kalau buat orang yang kenal aku, baca diaryku ini bakal kayak baca buku komedi. Ngakak banget!

Mamaku yang speechless banget sama apa yang aku tulis dan enggak berhenti ngakak bacanya, ngambil buku diaryku terus dia ngasih liat ke temen-temennya. Semua orang yang baca tulisanku dan dapat penjelasan dari Mama kalau itu semua cuma ngarang, ngakak juga. Aku yang enggak suka diketawain, ngambek. Pokoknya kertas yang kutulisin di diaryku itu kurobek-robek. Setengahnya dibuang, setengahnya lagi disembunyiin di belakang lemari. Sayangnya, aku yang kemarin iseng nengok belakang lemari, enggak nemuin kertas-kertas itu.

Tapi, aku masih inget kok apa yang kutulis di sana walau enggak banyak.

Pokoknya aku nulisin aku tuh selalu rangking 1 (Sampai saat itu sih, aku paling mentok di rangking 3). Terus aku bilang aku pernah diundang Presiden Soeharto buat makan malam di istana negara. Lah? Padahal waktu aku nulis itukan pemerintahan SBY.. Kenapa aku milih Pak Harto, ya? Yea.. Pantesan aja tante-tante dan om-om termasuk ortuku ngakak banget bacanya. Absurd banget sih :v

Sejak saat itu, aku enggak pernah coba-coba lagi buat nulisin diary palsu atau diary beneran. Kenapa aku enggak pernah nulisin diary lagi itu karena aku enggak kuat nulisin sesuatu yang panjang-panjang pake tangan. Aku kadang iri sama orang-orang yang nulisin diary dan isinya tuh ringkas tapi sudah menceritakan semua. Aku tuh detaiiiiil banget makanya panjang. Hmm.. Mungkin memang bakat nulis novel kali ya? Ahahahah.. Aamiin..

Kasus diary palsuku itu jadi pelayaran pertamaku di dunia tulis menulis tanpa aku sadar. Pokoknya nulis aja. Gak tau itu dibilang nulis cerita tuh aku gak tau :v

Selang 2 tahun, tepatnya pas aku kelas 3, aku yang seneng banget akhirnya bisa les dance, nyeritain kegiatanku di tempat les ke dalam bentuk tulisan di komputer keluargaku. Judulnya "Awal Aku Suka Ngedance". Sayangnya, CPU komputerku rusak dan filenya enggak sempet diselametin. Jadinya enggak bisa nostalgia lagi sama tulisanku yang itu. Tapi kemaren, aku nemuin hasil print outnya dan kertasnya sekarang hilang juga. Jadi, ya.. Bye-bye tulisanku~


Laut Pertama
Berdekatan dengan aku nulis Awal Aku Suka Ngedance itu, untuk pertama kalinya aku beli novel. Waktu itu aku beli Hafalan Sholat Delisa-nya Tere Liye. Aku yang biasanya enggak tertarik sama buku-buku, tiba-tiba tercuri perhatiannya saat liat buku itu ketumpuk di stand Republika pas acara Book Fair. Aku tertarik beli karena beberapa minggu yang lalu sempet nonton pembahasan filmnya di Hitam Putih.

Besoknya, dengan bangga aku bawa bukunya ke sekolah buat dibaca pas jam istirahat. Tapi begitu jam istirahat tiba, aku baru sadar kalau kebanyakan temen-temenku juga baca buku. Buku yang mereka pegang tingginya hampir sama dengan buku yang kubawa tapi lebih tipis dan sampulnya menarik semua.

Karena jadi enggak bisa fokus baca gara-gara kepo sama buku-buku itu, akhirnya aku gak bisa nahan hasrat bertanya ke temenku. Tapi jawabannya jahat banget. "Kamu enggak tau ini apaan!?".. Hmmh.. Yaiyalah enggak tau. Masa tau tapi nanya sih??
"Ini tuh KKPK tau gak!? Kamu punya gak yang kayak gini??" Ih.  Kalau enggak tau mana mungkin punya???
Waktu aku nunjukin bukunya Tere Liye yang kubawa, dia komennya bikin sakit hati waktu itu tapi bikin ngakak hari ini, "Apaan itu!? Udah tebel, gak ada gambar, kertasnya kuning lagi! Jelek!"
Serius deh komennya dia apa-apaan banget :v
Dan waktu aku ingin pinjam, dia malah tambah marah-marah dan ngusir aku. Habis itu dia kasih tau ke temen-temenku kalau aku gak punya KKPK. Dan~ aku diejekin karena gak punya KKPK.

Waktu itu sih, aku cuma bisa menjauh dari mereka dan pulang-pulang minta dibeliin KKPK.

Jadi KKPK itu singkatan Kecil-Kecil Punya Karya dan KKPK itu novel untuk anak-anak. Sekalinya aku baca KKPK, aku jadi ketagihan. Soalnya dibandingin sama bukunya Tere Liye, KKPK pastinya lebih bisa dicerna untuk anak seusiaku. Tapi walau begitu, aku tetep beli juga bukunya Tere Liye yang lain karena aku juga ketagihan sama tulisannya.

KKPK jadi peluangku buat menjadi penulis di usia muda. Dan KKPK memberikan sebuah janji yang sangat besar di masa depan..

Bagai laut pagi para pelaut..

Ombak Besar Pertama Yang Membuatku Tak Mau Melaut Lagi

Gara-gara ketagihan sama KKPK, jadi setiap ke toko buku yang dibeli pasti KKPK. Sampe numpuk-numpuk di rumah. Mama yang liat hal ini, menasehati supaya aku nulis juga. Katanya sayang uangku kalo cuma dipake beli buku, harusnya dapet uang juga dari nulis buku.

Alhasil, aku yang waktu itu termakan oleh omongan Mamaku, mulai nulis. Tapi kali ini secara sadar atau sudah diniatkan buat nulis cerita dari awal.

Aku enggak mulai dari cerpen atau puisi, atau bahkan dari diary palsu lagi, tapi langsung novel. Yah. Emang greget.

Start nulisnya waktu kelas 4 dan selesai 8 bulan kemudian waktu udah kelas 5 dan homeschooling. Judulnya It's My Life.

Sebenernya naskahnya tuh belum selesai karena udah sampai halaman 43 tapi endingnya rasanya masih jauh. Jadi kuputuskan buat dikasihin ke Mama dulu buat dinilai. Kalau bagus aku bakal sempurnakan lagi sampai akhirnya layak dikirim ke KKPK.
Tapi, jangankan dibaca sampai selesai sama Mamaku, di bagian perkenalan tokoh aja udah disuruh revisi. Aku yang sensian banget waktu itu, ngambek lagi dan bilang gak mau nulis sampe umurku 12 tahun. Jadinya aku mogok nulis 2 tahunan gitu deh. Sampai sekarang, hal ini menjadi salah satu penyesalan terbesar dalam hidupku. Ya soalnya kalau aja aku menerima kritikan mamaku dan enggak mogok nulis selama 2 tahun, pengalamanku akan jauh lebih banyak dan aku enggak akan menderita sekarang karena susah buat menang lomba atau lolos ke sebuah winner camp. Apa lagi waktu kubaca naskah novel pertamaku itu. Aduh! Aku langsung setuju banget sama Mamaku kalau naskah itu memang layak revisi sejak halaman-halaman pertama.

Masalahnya, nama tokohku itu adalah nama boyband Indonesia yang pada saat itu lagi naik daun dan nama-namanya hanya kumodif dikit. Ceritanyapun agak ngejiplak sinetron mereka. Syukur banget deh naskahnya enggak pernah sampai ke kantor publishing DAR! Mizan. Bisa panjang tuh masalahnya kalau dikirim. Dan kasian kakak-kakak yang ngebaca naskahku di sana.

Ceritanyapun lumayan ngawur yah. Jadi tokoh utamanya ini adalah anak bungsu yang punya 2 kakak. Biasanyakan ya, anak bungsu apalagi yang umurnya baru 6 tahun, pasti dibawa-bawa ortunya. Kalau di ceritaku kebalikannya. Kakaknya yang kelas 12 sama 11 yang diajak-ajak, dia yang kelas 1 ditinggal di rumahnya sendirian tanpa babysitter.

Parahnya, waktu si tokoh utama dicelakain temennya sampe tangannya patah, keluarganya pergi ke luar negeri tanpa bilang-bilang dan entah pulangnya kapan. Tokoh utama cuma ditinggalin uang 1 juta dan terserah dia mau hidup kayak apa, kasarnya. Ujungnya dia dirawat sama temen-temen sekelasnya yang pastinya sesama anak umur 6-7 tahunan.

Ada juga scene yang memperlihatkan mereka camping sendirian. Ya. Sendirian tanpa orang tua. Di hutan. Aku aja yang sekarang kelas 8 udah was-was waktu temenku yang sekarang kelas 10 merencanakan camping di luar acara pramuka. Kami masih ribet bikin jadwal, nyari orang tua yang mau dampingin.. Ah ribet deh pokoknya. Ini.. Ya ampun.. anak kelas 1 SD camping di hutan sendirian tanpa pengawasan orang dewasa..

..okay..

Ya pokoknya aku nyesel banget deh buat mogok nulis itu. Seandainya aja aku enggak mogok dan terus nulis, mungkin aku udah punya buku solo sejak dulu, ikutan KPCI, dan menambah pengalaman dengan ikut lomba-lomba nulis waktu itu. Tapi, apalah daya.. Semua itu udah terjadi.

Ombak besar itu, telah membuatku tak mau melaut selama 2 tahun..


Kembali Melaut
Menjelang usia 12, aku baru gelagapan dan sadar kalau sebentar lagi aku udah enggak akan bisa nerbitin buku di lini KKPK. Waktu itu aku ngira kalau lini Fantasteen atau Pink Berry Club (PBC) cuma nerima penulis yang udah nerbitin karya di KKPK. Padahalkan mereka nerima semua karya remaja usia 13-18 tahun asalkan naskahnya bagus.

Yang kulakukan saat itu adalah nyoba ikutan lomba cerpen yang diselenggarakan KKPK. 2 kali ikutan, enggak ada yang menang dan aku mulai frustasi karena usia 13 semakin dekat hari demi hari dan sepertinya waktunya terlalu sedikit untuk bikin sebuah naskah novel lagi.

Perumpaannya aku adalah seorang nelayan yang memutuskan untuk tidak melaut karena trauma selama 2 tahun. Sementara teman nelayanku yang lain terus melaut. Saat aku kembali melaut, tangkapanku tentunya lebih sedikit dari pada teman nelayanku yang enggak pernah absen melaut. Dia pasti sudah lebih berpengalaman buat nangkap ikan, sementara aku, lempar jaring aja enggak tau caranya.

Jadi aku akan kalah sama orang-orang yang sudah sejak kemarin-kemarin latihan dan nulis terus.

Akhirnya ada sebuah keajaiban datang dari wall Facebook KKPK. Di sana, ada sebuah poster writing camp bernama THEATRE: The Author Adventure yang diselenggarakan di Bandung. Mama yang liat poster itu, langsung inisiatif daftarin aku meski harus ada biaya yang dikeluarin.

Aku akhirnya ikutan THEATRE dan aku mendapatkan 3 hari yang begitu emas di sana.

Aku ketemu sama orang-orang di balik suksesnya KKPK, Fantasteen, PBC, dan lainnya. Aku ketemu sama penulis-penulis sebayaku yang kebanyakan udah nerbitin buku. Aku juga dapet pelajaran Mengelola Ide dari kak Izzati, pelajaran Creative Commedy dari kak Boim Lebon serta dapat pelajaran menggambar dari kak Greg dan kak Karim (komikus Muslim Show dari Prancis).

THEATRE itu jadi pemicuku buat serius di dunia kepenulisan. Nanti keseruan THEATRE bakalan aku pos di pos selanjutnya yah..

Pulang dari THEATRE, aku mulai giat nulis lagi. Aku sempet ikutan lomba tapi masih enggak bisa mendapat juara. Karena sebenernya, hal-hal kayak gini tuh bukan masalah teori aja, tapi masalah latihan dan kemahiran juga. Mungkin waktu itu aku masih kaku sekali tulisannya dan memang belum layak menang. Yang jelas aku mencoba nulis terus dan bertekad buat enggak mogok nulis apapun yang terjadi :)

Tangkapan Besar Pertama
Beberapa bulan setelah THEATRE, KKPK kembali mengadakan lomba cerpen yang hadiahnya diterbitkan jadi buku. Temanya "Aku dan Bintang Peliharaanku". Aku yang mau punya buku dan punya binatang peliharaan, kayaknya enggak afdol banget deh kalau enggak ikutan.

Aku bikin 2 versi cerpen. Tapi yang 1 enggak diselesaiin karena udah terlanjur ngebosenin.

Di tengah-tengah proses penulisan naskah kedua, aku kehabisan ide dan kehilangan semangat buat ngelanjutinnya. Aku bilang enggak mau ikutan aja. Pas Mama tanya judulnya apa dan aku kasih tau, katanya bagus.

Aku yang gampang terpengaruhi ini langsung punya stok semangat lagi. Tapi aku enggak langsung nulisin lagi sih. Pas kami ke Medan dan jalan-jalan ke Simalem Resort, aku dapat ide baru dan langsung nulisin di kertas. Baru pas pulang ke Bandung, ditulis di laptop dan disempurnakan.

Seminggu sebelum deadline aku udah ngirimin cerpenku. Sejak saat itu aku merasa damai dan gak mempedulikan lagi soal lomba itu.

Sampai waktu lagi chat sama temenku, katanya aku menang..

..Wut!??..

Pas aku liat, aku emang jadi pemenang 20 besar. Di situ aku.. jingkrak-jingkrak sambil melukin Pussyku yang sudah menjadi inspirasiku selama ini.. dan..  osdh9oqfgouhoafoaosfh


SENENG BANGET!!!

Beberapa bulan kemudian, tepatnya bulan April 2015, aku datang ke DAR! Mizan buat ngasih Surat Akad Nikah Naskah. Ternyata naskahku dibeli. Dan uang itu, jadi penghasilan pertamaku yang kudapat dari kerja kerasku sendiri.

7 bulan kemudian, bukunya terbit.

Ada perasaan tersendiri saat aku liat buku itu di toko buku dan liat sinopsisnya yang memasukkan cuplikan cerpenku.

Aku teringat temanku dulu yang ngejek-ngejek aku karena enggak punya KKPK.. Sekarang, anak yang mereka ejek-ejek itu malah jadi penulis KKPK.. Yea.. Hidup memang penuh kejutan :D


Tahun 2015, Tahun yang Penuh Dengan Pelayaran
Di Tahun 2015, aku banyak banget ikutan lomba nulis. Setidaknya ada 10 lomba nulis yang aku ikutin. Tapi dari sekian banyak itu, hanya 2 yang bisa kumenangi.

Hampir setengah lomba dari seluruh lomba yang kuikuti itu, lomba yang ada winner campnya. Dan, enggak ada yang lolos :')

Ada Children Helping Children, Letter Writing Competition, Lomba Menulis Cerpen, Akademi Remaja Kreatif Indonesia..

Tapi, yang paling bikin aku semangat, frustasi, sedih, galau, baper, merasa di-PHP dan lainnya itu ARKI.

Waktu diundang buat dateng ke premiere film Ada Surga di Rumahmu, kak Rama atau ketua lini anak-anak ngasih tau aku dan beberapa temen lainnya yang diundang juga kalau nanti ada acara kayak KPCI (Konfrensi Penulis Cilik Indonesia) tapi buat remaja. Mungkin nanti namanya Jambore Remaja.

Aku tau gitu langsung semangat banget. Mantengin twitter @DARemaja sampe ngantuk-ngantuk. Dan akhirnya, namanya yang asalnya diperkirakan Jambore Remaja, berubah jadi ARKI.
Setelah website ARKI ada, hampir tiap 2 hari sekali aku mampir ke sana.
Ada 4 kategori lomba yang bisa dipilih. Ada cerpen, syair, komik, sama skenario film. Nanti bakal diambil 100 orang. Berarti 25 orang/kategori. Ketat.

Oh ya, sempet ada roadshownya dan yang di Bandung diselenggarakannya di Kabupaten Bandung. Aku seneng banget karena deket sama rumahku. Jadi kuputuskan ke sana.

Nyampe sana, aku baru tau kalo acaranya bukan acara umum. Tapi aku tetep diizinin ikutan acaranya.
Di sana ada kakak-kakak dari DAR! Mizan dan ada coach kategori syair yaitu pak Taufik Ismail. Tapi karena datengnya telat, aku cuma denger sedikit pas pak Taufik Ismail bacain syair. Aku cuma denger lengkap pas Pak Ari Kpin bawain musikalisasi puisi.

Tentang tema Warnai Indonesiamu: Kearifan Lokalku, aku sama sekali enggak punya ide dan.. ya enggak ada ide aja.
Deadline ARKI tanggal 24 Juli dan sampai tanggal 20 aku belum nulis-nulis.
Malam tanggal 20, aku datang ke rumah kepsekku dan minta tanda tangan. Besoknya nyoba nulis tapi enggak ada hasil. Besoknya lagi,tetap gak ada ide. Tanggal 23, aku bangun pagi-pagi banget dan aku langsung nyamber laptop. Aku pokoknya harus selesai nulis hari ini juga. Dalam waktu hampir 8 jam, akhirnya aku berhasil nulis 3 halaman atau syarat minimal naskah cerpen ARKI. Dan pas mau dikirim, katanya enggak bisa pasti sampai besok tanggal 24. Jadi diputuskan buat dikirimnya besok aja langsung ke DAR! Mizannya. Hari itu aku baru makan jam setengah 7 malam saking frustasinya nulis.

Pagi tanggal 24, papaku nganterin naskahku ke DAR!Mizan. Hari itu aku udah lega. Dan pas buka FB, di wall Fantasteen ada post yang ngasih tau kalo deadline ARKI diperpanjang sampe 17 Agustus. WHAAAAAT!!!!!!!????????? WHHHHHHHHHYYYYYY!!!!!!????

PADAHALKAN PENGUMUMAN HARUSNYA TANGGAL 16!!! KENAPA DIUNDURNYA GITU AMAT!!??

Tapi aku jadi bisa nulis lagi sesuatu yang bakalan lebih baik. Aku punya waktu 1 bulan lagi buat mikirin ide di cerpen kedua.
Akhirnya aku punya ide dan nulisinnya secara tenang. Tanggal 16 udah dikirim karena takut besok enggak ada yang buka.

Dan sampai 2 bulan kemudian tetep belum pengumuman.. Sekitar tanggal 30 November, barulah pengumuman..

Dan aku enggak lolos.

Entah mengapa, aku ngerasa sedih banget sampe-sampe aku turun berat badan 4 kilo. Aku nangis, galau, bla-bla-bla. Padahalkan, melakukan itu semua enggak akan membuatku lolos ARKI juga. ARKI  hampir aja jadi ombak besar keduaku yang bikin aku mogok nulis.. Tapi enggak boleh! Tahun ini, aku akan ikut ARKI lagi pokoknya!! Aku baru berhenti ikutan kalo aku udah lolos!!! HARUUUUS!! >:v


Gula di Dasar Cangkir Teh di Awal Tahun
Loh? Kok enggak berhubungan dengan melaut lagi?? Udah enggak ada ide tentang hal itu soalnya :v

Sebagaimana yang kalian tau, aku enggak lolos lomba apapun tahun kemarin. Tapi tahun ini, beda lagi. Di awal tahun ini aku lolos lomba menulis surat yang merupakan saudaranya LWC. Yep.. Akhirnya.. Setelah sekian lama..

Dan enggak ada temen-temenku yang lolos LWC2015 dan ARKI2015 di sini. Hanya aku. Aja. Yang selama 2015 enggak lolos apa-apa.

Aku sempet bingung.. Kok bisa??? Kok bisa tiba-tiba aku lolos kayak gini sedangkan temenku yang lain, yang lebih hebat dari aku, yang lebih banyak latihannya dari aku, enggak lolos. Ini.. Aku bingung banget soal ini. Tapi, ini emang takdir.. yang sangat indah..

Aku jadi teringat tehku yang udah kumasukin gula, tapi enggak manis-manis. Aku minum seteguk, pahit.. Minum lagi, pahit. Aku terus minum tehku sampe aku ada di dasaar. Ternyata selama ini gulanya enggak keaduk.

Hal ini sama seperti kehidupanku. Dari awal aku nulis, aku minum teh yang gulanya ada di dasar. Kalau aku enggak sabaran atau enggak mau ngabisin tehnya, aku enggak akan nemu gulanya.

Saat 2015 aku gak lolos lomba apapun, itu adalah masa-masa awal minum teh. Dan kemarin saat aku lolos, aku telah menemukan gulaku.

Rasanya jadi maniiiiiiiiiiiiiiiiiis banget. Karena manisnya yang seharusnya merata, jadi kesimpan di akhir. Dan serius, ini manis banget..

Cerita tentang winner camp pertamaku akan aku pos setelah post-an tentang THEATRE, ya.. (Secepatnya).


Yeah.. Baru sampai di sini aja perjalanan kepenulisanku yang masiiiih paaaaanjaaaaaaaaaang sekali ke depannya. Semoga menginspirasi ya..
Oh ya, kalian juga harus paham.. Kalau enggak ada yang terlahir langsung hebat gitu. Harus ada latihan, latihan, dan latihan, baru bisa jadi hebat. Orang yang berbakat akan kalah sama orang yang berkerja keras bila orang yang berbakat tidak mau berkerja keras.. Sekian.. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar